Ada Trotol Cendet Mabung Pertama Usia 2 Bulan

Ada Trotol Cendet Mabung Pertama Usia 2 Bulan

Cendet lepas trotol (keterangan gambar: koleksi milik Bung Ali)

Mohon izin pemula berbagi pengalaman.

Banyak yang biasanya mengalami pergantian awal bulu (mabung pertama) pada anakan cendet (dari anakan/trotol ke remaja) terjadi pada usia 4-5 bulan. Namun sebagai pemula, saya mengalami pergantian bulu anakan/trotolan ke remaja terjadi pada usia 2 bulan.

Ril/nyata. Percaya atau tidak? Waallahualam.

Musim ini saya dapat anakan cendet tanggal 15-02-2020, yang masih ada di sarang (bulu belum lengkap dan belum nangkring). Sudah saya pastikan ke pencarinya bahwa usia burung ini belum ada 3 bulan sejak menetas.

Awal April 2020 ini anakan cendet tersebut telah berganti bulu semua kecuali bulu ekor dan sayap yang masih trotol. Selain itu, materi (lagu-lagu/isian) yang dibawakan anakan ini sudah cukup jelas pada usia yang belum genap 3 bulan.

Bagaimana dengan njaluri tarung?

Saya sebagai pemula juga tidak begitu paham tentang ciri burung mempunyai mental tarung sejak kecil. Namun menurut saya pribadi, ketika sesama burung yang masih anakan dijejerkan dengan sesama cendet, lalu salah satu ada yang mengejar atau bahkan bunyi, bisa dikatakan sebagai bentuk pertahanan teritorialnya. Mungkin ya?

Terlepas dari itu semua, saya pemula tidak tahu burung anakan ini kelak akan menjadi burung besar atau bahkan mati di kemudian hari, saya juga tidak tahu. Semua atas kuasa Allah. Doa terbaik adalah semoga burung ini sehat selalu.

Nama dia bukan Shiva, panggil saja dia anak kecil.

Bagi sya tetap belajar dan terus belajar. Salam hormat dan cinta saya untuk dulur-dulur semua.

Baca juga Rey Shafan: Dicari Materi Kolosal Plus Milenial

Salam pemula dari Malang, Jatim.

Ryan Navis Eka P

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *