Benarkah Kroto untuk Birahi dan UH untuk Emosi?

Benarkah Kroto untuk Birahi dan UH untuk Emosi?

Cendet dengan gaya asyik

Catatan admin.

Artikel ini berawal dari pertanyaan om Gunawan Santoso, tahun 2018, di Group FB Mania Cendet Jawara (MCJ). Pertanyaan tersebut tentang, “Apa efek kroto dan ulat hongkong (UH) dalam menyeting cendet untuk lomba?”

Komentar dan jawaban dari pertanyaan di atas bervariasi, namun saling melengkapi. Meski demikian, karena keseluruhan komentar dan jawaban cukup banyak, maka akan ditayangkan secara berkala hingga waktunya nanti selesai sampai akhir. Selamat membaca, semoga bermanfaat.

–Bosskicau.com


Baca artikel sebelumnya:

  1. Wawa Thelomoenk Thelhahome Theloedoek: Kalau kroto hanya untuk burung yang suka ngeban isian. Itu saja biar bisa bongkar isian biasanya saya pribadi kasih kroto. UH hanya untuk cuaca yang kurang mendukung saja om. Salam dari plat S.
  2. Abo Anu Bager Tea: Sedikit masukan kalau kroto adalah untuk menetralisir burung yang kurang birahi drop mental. Kodisi burung kurang fit. Pemberian kroto jangan terlalu banyak sedikit saja bertahap. Efek kroto pada burung pemberian terlalu banyak bersifat panas om. Kalau UH menurut saya cuma bikin kenyang aja om.
  3. Nopik Kmc: Buat Segeran aja, menune agar tidak bosan sama voer dan jk, hihihi.
  4. Buyung Rahadian: Kroto buat birahi, UH buat emosi.
  5. Musyaffak: Kroto manfaatnya adalah
    untuk mengangkatkan birahi bagi cendet. Menambah kegacoran menurut saya bukan untuk tenaga atau menambah stamina. Tenaga dan stamina itu ada di jangkrik. Maaf jika salah. Kalau ulat hongkong tujuannya mendongkrak birahi cendet lebih cepet naik, jadi cendet yang sangat sulit diangkat birahinya bisa dicoba. Tapi semua itu kembali pada masing masing kebiasaan cendet dan yang merawat.. Karena ada yang fanatik dengan UH dan kroto. Kalau saya sih tidak, slama BC yang kita rawat nyaman kenapa kita tidak untuk memberinya. Kalau ulat hongkong tidak saya jadikan ef buat harian, tapi di lapangan saja. Kalau kroto 1 minggu 2 kali, ada yang 2 hari skali, ada yang tiap hari.
  6. Dimas Putra: Manfaat kroto sama UH sebuah makanan buat burung pemakan serangga, akan tetapi keduanya memiliki kandungan protein yg tidak sama. Efek buat burung setelah makan pasti kenyang. Akan lebih baik kalau makannya diatur porsinya sesuai kebutuhan. Kata orang Jawa, “ojo angah-angahe nak makan garai gak iso muni”.
  7. Andi Saputro: Menurut saya ya koh Gunawan Santoso, pemberian UH supaya cendet lebih stabil dan ngotot saat di arena lomba. Alhasil cendet lebih stabil dan lebih dominan menjaga volume dalam setiap pembawaan lagu, durasi juga bertambah. Untuk pemberian 15 Ulat hongkong satu sesi sebelum cendet digantang. Kalau kroto supaya cendet mengeluarkan isiannya dan bongkar di atas lapangan. Lebih fit dan lebih topcer pemberian biasanya H-1 porsi pemberian 1 sdm makan atau sebelum lomba kurang 3 sesi porsi pemberian 5 telur kroto.

Bersambung…

Salam pemula,

Gunawan Santoso (Pendiri dan admin Group FB Mania Cendet Jawara, WA: 087.8888.55.777)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *