Bunga Telang: Obat Herbal untuk Mengobati Snot

Bunga Telang: Obat Herbal untuk Mengobati Snot

Bunga Telang (Sumber: rimma.co)

Jika burung terkena snot, maka sebaiknya jangan dibiarkan begitu saja, karena itu bisa membuat burung menjadi parah penyakitnya, dan dikhawatirkan membuat burung menjadi mati.

Untuk mengatasi burung yang tekena snot, bisa dengan menggunakan obat-obatan kimia atau bisa juga dengan menggunakan ramuan tradisional atau herbal.

Ramuan tradisional yang biasanya dipakai untuk mengatasi sakit snot pada burung adalah bunga talang atau telang.

Jenis bunga itu bisa ditemukan di pekarangan rumah sebagai hiasan atau juga ditemukan di hutan.

Baca juga: Beternak Cendet di Alam Bebas, Bagaimana Bisa?

Namun sebelum itu, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu beberapa hal berikut ketika proses pengobatan belangsung.

  1. Jauhkan burung yang sudah terkena snot dengan burung lainnya, karantina di tempat hangat, seperti di kardus atau kandang yang hangat, sampai kesehatan burung benar-benar pulih kembali.
  2. Bersihkan paruh/muka burung yang terkena snot dengan menggunakan air hangat setip pagi; menggunakan lap yang lembut agar tidak membuat burung tidak sakit ketika mengelap cairan yang ada di matanya, sehingga cairan tersebut tidak kering.
  3. Langkah preventif yang bisa dilakukan: perhatikan kebersihan kandang, kebersihan minum dan pakan, pastikan ada sinar matahari jika ingin memandikan burung, dan cucilah krodong minimal 2 minggu atau sebulan sekali.

Terakhir, jika burung Anda kurang sehat karantinalah biar tidak menular ke burung anda yang lain. Rawatlah Sepenuh hati. Semoga bermanfaat.

Hormat saya,

Didik Darmadi, HNR SF, Surabaya

(Info lebih lanjut, WA: 081333175587)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *