Burung Layang-Layang Asia di Kawasan Malioboro

Burung Layang-Layang Asia di Kawasan Malioboro

Burung Layang-Layang Asia yang hingga di kabel di kawasan Malioboro, Jogja

Kawasan Malioboro (Yogyakarta) dan sekitarnya di malam hari, disuguhi oleh pemandangan kumpulan burung yang hinggap di kabel listrik.

Menurut beberapa sumber, burung itu bernama burung Layang-Layang Asia yang migrasi dari tempat asalnya, yaitu Rusia, Siberia, Rusia, dan China.

Burung-burung itu terpantau hinggap di banyak tempat, selain kabel listrik, juga di pohon-pohon besar yang menjulang tinggi, dan bangunan tua, seperti di sepanjang Jalan Mayor Suryotomo dari perempatan Gondomanan.

Aspal di sepanjang jalan ini, terutama yang di atasnya ada burung Layang-Layang Asia, terlihat putih bekas kotorannya.

Terkait burung-burung yang menyebabkan jalanan jadi kotor serta menimbulkan bau tahi itu, menurut Suwarno Hadisusanto, profesor Ekologi UGM, menyebut hal itu wajar. Jika warga ingin burung itu pergi, harus diusir secara halus, tidak boleh dengan senapan atau hal-hal berbahaya lainnya.

Baca juga: Stop Peserta Yang Teriak dan Intimidasi Juri

Burung Layang-Layang Asia bermigrasi untuk menghindari musim dingin sangat eksrem yang sedang berlangsung di tempat asalnya. Setelah mereka berkembang biak dan mulai memasuki musim dingin, mereka mencari tempat dengan iklim tropis yang lebih hangat dari tempat asalnya untuk mencari makan.

Masyarakat sekitar mengira burung-burung itu adalah burung Sriti. Padahal menurut beberapa sumber, hal itu wajar sebab Sriti dan Layang-Layang Asia memiliki bentuk yang mirip, apalagi ketika sedang terbang.

Burung Layang-Layang di kawasan Malioboro dan sekitarnya ada sejak bulan Oktober, dan biasanya berakhir hingga akhir Februari. (86)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *