Burung Mandi di Lokasi Lomba, Mengapa?

Burung Mandi di Lokasi Lomba, Mengapa?

Burungnya mandi di lokasi lomba. Ada yang tahu/kenal dengan orang ini?

Di antara persiapan sebelum burung dilombakan, terdapat “ritual” yang pada umumnya dilakukan oleh sebagian peserta, yaitu memandikan gaconya. Mengapa demikian?

Memandikan burung, memang, menjadi bagian dari perawatan harian maupun untuk lomba. Nah, saat jelang lomba, terdapat variasi cara memandikan, adakalanya di rumah sebelum berangkat, namun ada juga yang melakukannya di lokasi lomba.

Khusus memandikan burung di lokasi lomba, terdapat beberapa alasan berdasarkan pengalaman dan interaksi dengan sejumlah pemain.

Pertama, terkait dengan setting gaco, yang menurut perawat/pemiliknya, cocok dan bisa bermain bagus jika dimandikan di lokasi lomba.

Kedua, ada juga karena tidak sempat memandikannya di rumah sebelum berangkat, sehingga datang ke lokasi lomba cenderung mendadak dan terburu-buru.

Meski demikian, memandikan gaco jelang lomba bukan merupakan pakem atau aturan wajib. Sebab, semua itu tergantung pada kemauan gaco yang memang menyukai demikian, dan yang tahu kemauannya itu, hanya perawat atau pemiliknya.

Artinya, setiap burung memiliki tipe dan karakter sendiri-sendiri, yang tidak bisa disamakan antara satu burung dengan burung lain. Semua dikembalikan kepada kepekaan perawat masing-masing untuk menangkap kemauan gaco kita.

Semoga bermanfaat. (86)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *