Cara Alami Menurunkan Birahi Burung Love Bird

Cara Alami Menurunkan Birahi Burung Love Bird

Love Bird (sumber: internet)

Kondisi ideal Love Bird (LB), dan termasuk jenis burung lain adalah pada posisi birahi yang proporsional. Artinya, jenis burung apapun, jika ia over birahi (OB), atau justru kurang birahi, akan mengganggu penampilannya saat digantang.

Begitu pula dengan LB. pemakan biji-bijian ini justru terbilang sulit dalam menstabilkan di lapangan. Yang sering terjadi justru banyak yang OB, sehingga banyak dikeluhkan oleh para pemiliknya.

Lalu, bagaimana cara meredakan OB tersebut? Berikut cara alami menurunkan birahi LB yang dihimpun dari berbagai sumber.

Diumbar atau pindah ke sangkar berukuran besar

Cara ini bertujuan agar LB yang birahi dapat terbang lebih leluasa, sehingga keagresifannya tersalurkan lewat gerakan aktif yang ia lakukan. Kondisi ini berbeda dengan saat LB berada di sangkar kecil untuk lomba, yang tidak memberikan keluasan dalam beraktivitas terbang.

Meningkatkan durasi dan jadwal mandi

Memandikan LB yang sedang mengalami OB seringkali dilakukan oleh kicau mania. Tetapi yang perlun diperhatikan sebebanarnya dua hal. Pertama, amati tingkat kebirahiannya, apakah ia pada taraf birahi yang biasa, sedang, atau parah. Pemahaman terhadap kondisi birahi ini akan mempengaruhi pada durasi (lama) dan jadwal mandinya. Misal, untuk taraf birahi yang parah, perlu meningkatkan durasi mandi, dari yang biasanya 10 menit, menjadi katakanlah, 25 menit. Begitu pula pada jadwalnya, dari yang biasanya sehari sekali, bisa tambah menjadi 3 kali sehari. Kedua, pastikan kita mengetahui juga kondisi kesehatan LB.

Artinya, kalau LB kurang sehat, jangan dimandikan secara “ekstrim”, tetapi untuk yang benar-benar fit atau sehat, dipersilahkan coba tarapi mandi dengan menambah durasi dan jadwal mandinya.

Memberi timun dan daun kemangi

Timun dipercaya dapat menurunkan dan sekaligus menstabilkan birahi LB. Selain timun, juga daun kemangi. Namun demikian, LB biasanya tidak begitu lahap memakan keduanya sampai habis. Kadang dimakan sedikit, tapi setidaknya perlu dicoba untuk terapi dan usaha menurunkan birahinya.

Hindari memberi menu makanan berikut ini

Perlu kehati-hatian dalam memberikan menu makan, sebab terdapat makanan tertentu yang justru akan menambah birahinya, seperti jagung manis, kangkung, milet merah dan juga kwaci. Maka untuk menghindari semakin OB, sementara tidak memberi jenis makanan tersebut.

Coba beri makan gabah Bangkok

Ada pemain yang menyarankan untuk menurunkan birahi pada LB, perlu diberi gabah Bangkok. Jenis makanan ini sudah dikenal di kios-kios burung, sebab selain baik untuk konsumsi burung, juga biasanya dibuat makanan ayam.

Baca juga: Bunga Telang, Obat Herbal untuk Mengobati Snot

Selamat mencoba! (86)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *