Cara Efektif Menurunkan Birahi Burung Kenari

 

Cara Efektif Menurunkan Birahi Burung Kenari

Kenari (sumber: hewanesia.com)

Birahi pada burung, termasuk pada kenari, menjadi persoalan serius, terutama bagi kicaumania yang hobi untuk kontes atau lomba. Kenari yang birahi, atau pada level over birahi (OB) dapat mengganggu performanya saat digantang.

Beberapa kasus yang terjadi saat kenari mengalami OB seperti bunyi penuh emosi hingga nabrak ruji, mengganggu durasi menjadi pendek, mengurasi spasi atau tidak rajin bunyi, dan lain sebagainya.

Dari permasalah di atas, muncul pertanyaan, bagaimana cara mengatasi kenari yang sedang mengalami OB?

Berikut ini cara yang lazim ditempuh oleh para pemain pada umumnya.

  • Menambah intensitas mandi. Yang semula mandi misalnya, 2 hari sekali, coba ditingkatkan menjadi mandi setiap hari, lalu durasi mandi juga ditambah, yang biasanya 12 menit menjadi 20 menit. Sebagian kalangan juga menyarankan agar air yang untuk memandikan burung dicampur dengan tanaman lidah buaya (aloe vera) atau secara instan mengggunakan shampo yang di dalamnya mengandung lidah buaya.
  • Mengurangi durasi penjemuran. Bahkan jika perlu hindari penjemuran langsung kena sinar matahari, tapi mungkin cukup diangin-angin di tempat yang sejuk disertai angin yang similar.
  • Melakukan pengumbaran. Cara ini agar kenari bisa terbang bebas sepuasnya, sehingga kondisi birahinya tersalurkan melalui “olahraga” terbang itu.
  • Hindari makanan yang memungkinkan dapat memicu naik birahi. Beberapa makanan yang rawan dan perlu dihindari agat tidak diberikan kepada kenari yang sedang OB di antaranya, biji-bijian terutama niger, telur puyuh rebus, apel, dan kroto. Jenis makanan ini dipercaya dapat justru menambah kenari semakin birahi.
  • Mengawinkannya. Cara efektif untuk menurunkan birahi kenari dengan mengawinkannya dengan betina yang sudah siap. Beberapa kalangan bahkan secara sengaja mengawinkannya hingga beberapa kali, agar dengan sendirinya OB tersebut menurun.
  • Memberi makan mentimun dan buah pir. Buah mentimun dan pir dipercaya dapat mengurangi OB pada kenari, sebab di dalamnya mengandung banyak unsur air. Buah mentimun dan pir menjadi penawar dan penyeimbang dari konsumsi biji-bijian burung kenari.

Baca juga: Cara Alami Menurunkan Birahi Burung Love Bird

Selamat mencoba, sukses selalu. (86)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *