Cara Mengetahui dan Mengenal Karakter Love Bird

Cara Mengetahui dan Mengenal Karakter Love Bird

Love bird (sumber: hdpromania.blogspot.com)

Bagaimana cara mengetahui dan mengenal karakter love bird?Inilah yang dulu selalu saya tanyakan kepada master-master, sampai ke sana ke mari hanya demi mendapatkan ilmu. Karena setiap ada postingan berupa pertanyaan, mereka jawab, “Pahami karakternya dan sabar”.

Itu terus jawabannya. Sampai kadang berpikir kok pelit banget, kok tidak mau ya berbagi, dan lain sebagainya.

Di situlah saya ambil kesimpulan untuk mencari tahu bagaimana mengenal karakter love bird, seperti apa caranya.

Jadi seperti ini kita dapat memahami karakternya, kesukaannya, dan keinginannya. Setelah semua itu sudah kita pahami, barulah kita ingin seperti bagaimana tidak terlalu sulit, karena sudah tahu karakternya dan setiap love bird punya karakter tersendiri.

Ini cara memahami dalam perawatan sehari-hari:

  • Love bird suka/tidak bila diembun
  • Love bird suka/tidak bila dimandikan dan memandikanya apakah dengan semprot embun atau kasar, asal basah atau basah kuyup atau mandi sendiri
  • Love bird suka/tidak dijemur lama atau sebentar, apa sukanya bila hanya 10,15menit atau sampai 30menit, hingga dengan 1 jam
  • Love bird suka/tidak dengan pakan polosan saja atau yang mix (campuran) bisa kemasan atau racikan
  • Dalam keseharian suka/tidak bila dikerodong atau dikerodong tanpa di resleting
  • Suka/tidak di tempat yg tenang atau ramai
  • Love bird suka/tidak dengan dimandikan malam, entah itu cuma asal basah atau basah kuyup
  • Love bird suka/tidak dengan EF jagung, kangkung, kwaci, timun, pokcoy, sawi, bayam, daun gingseng, krokot, dll
  • Love bird suka/tidak dengan plangkringan plastik, kayu serut, amplas, pasir, kayu besar/kecil.

Mungkin itu sebagian kecilnya. Untuk yang main koloni pun pada dasarnya sama. Jadi bila love bird suka dengan perlakuan itu maka itulah karakternya dan pastinya love bird akan jadi mau bunyi, ngreceh, ataupun gacor. Tapi bila love bird tidak suka dengan rawatan kita maka love bird akan diam atau cuma banyak tingkah, banyak ngejar sana sini.

Contohnya ada love bird dengan perawatan embun, tanpa mandi, tanpa jemur, pakan mix, EF jagung, harian no kerodong, dan mandi malam 2 minggu sekali. Setelah melihat perkembanganya selama 3 hari love bird jadi gacor. Tapi ketika ada yang diubah di EF diberi dengan kangkung, love bird malah agresif dan kurang gacor, lalu dimandikan malam setiap hari pun malah banyak diamnya. Maka kita ubah lagi ke seperti awal dan gacor lagi. Jadi kita bisa tahu seperti itulah karakternya, suka dengan embun, tidak dimandikan, tanpa jemur, pakan mix, EF jagung, harian no kerodong, dan mandi malam 2 minggu sekali.

Tapi jangan juga terpaku dengan itu, karena setiap kondisi pasti bisa berbeda. Jangan lupa juga dengan awal perawatan kita, tinggal ditambah apa yang perlu. Misal dengan dikerodong atau EF kita ganti dengan kwaci. Sebaliknya bila karakternya bukan seperti perlakuan di atas, maka love bird cuma banyak diam atau banyak tingkah.

Apabila dengan cara seperti itu tapi cuma ngeriwik, jangan langsung semacam “banting stir” ubah perawatan secara menyeluruh. Karena bila dengan langsung ubah perawatan akhirnya itu tidak tahu karakternya. Yang kita perlu ubah adalah apa di EF, pakan, jemur, atau mandi, dan kerodong. Dan semua itu butuh waktu jadi jelas tidaklah instan. Makanya setiap master selalu bilang pahami karakternya lalu sabar, sabar, dan sabar. Kalau burung sudah mau gacor di rumah baru kita cari tahu bagaimana agar mau kerja di lapangan atau gacor pas di gantang.

  • Apakah harus dipersiapkan dari H-3 sampai hari H itu di kerodong atau tidak
  • Apakah tetap dengan EF seperti keseharianya atau ada yg ditambah
  • Apakah dijemur dulu paginya atau di lapanganya
  • Apakah perlu dimandikan dulu pas pagi, atau mau berangkat, atau pas di lapangan
  • Apakah pas malamnya harus dimandikam dulu atau tidak
  • Apakah harus diasingkan dulu di rumah dan di lapangan
  • Apakah harus tetap dikerodong atau ablak saja baik dirumah maupun nanti di lapangan
  • Apakah harus ditrek dulu atau tidak
  • Apakah harus kenyang dulu atau tidak
  • Apakah harus bunyi dulu di bawah atau tidak
  • Apakah suka bila digantang di tengah, pinggir, pojok, atau ada jarak

Dan itu mungkin hanya sebagian kecilnya saja, Tapi dasarnya adalah pada keseharianya. Untuk di lapangan kita bisa coba satu persatu, tahap demi tahap. Pernah saya bilang ke guru yang ngajarin saya, “Berarti harus dong siap kondangan dan bakal buang uang”. Dia Cuma ngomong ke lapangan tidak harus ikut langsung digantang, kita bisa melatih di pinggiran, di gantang di pinggir, dan lihat kerjanya seperti apa. Kalau sudah yakin baru nanti ikutkan. Tapi kalau ingin tahu aslinya ya memang harus digantang. Seperti itulah ucapnya.

Contoh, harian seperti rawatan yang sudah di sebutkan di atas, lalu kita mau berangkat ke gantangan. Kita persiapkan dari h-3 dengan perlakuan yang sama dengan rawatan harian sampai hari H. Tetapi kita ubah di EF, kita berikan setiap hari. Dan pas di gantangan diablak, pas mau digantang disuapi dengan jagung sampai kiranya kenyang, dan digantang di tengah, kerja maksimal. Tapi berikutnya love bird digantang di pinggir, ternyata kerja kurang.

Jadi itulah karakternya.

Tapi PR-nya adalah bagaimana agar di pinggir tetap bisa kerja maksimal, maka kita cari tahu,. Entah itu kita tambah EF jagung + kwaci, ataupun lainya.

Kadang kendala kita dalam memahami karakter adalah ada beberapa love bird atau banyak love bird. Di situlah kenapa kadang para master bilang pelihara saja dulu 1 atau 2. Nanti kalau sudah paham pelihara berapa pun pasti mudah. Ini semua pun mungkin sudah pernah dibahas para master/suhu di sini.

Sekian dari saya. Semoga mudah di pahami dan bermanfaat. Sekali lagi mohon maaf sebesar-besarnya, bukan maksud saya untuk menggurui. Saya hanya berbagi dengan apa yang sudah saya peroleh. Saya pun masih harus banyak belajar, belajar, dan terus belajar.

Tp dengan ilmu para master/suhu yang sudah berbaik hati untuk berbagi secara cuma-cuma, jadi memelihara pun jadi enak dan tetap semangat untuk bisa membuat love bird juara.

Baca juga: Cara Alami Menurunkan Birahi Burung Love Bird 

Salam love bird mania.

Reyen Diamond/SLBK

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *