Cegah Covid-19, Bagaimana dengan Lomba Burung?

Cegah Covid-19, Bagaimana dengan Lomba Burung?

Maklumat Kepolisian Negara Republik Indonesia

Di tengah wabah atau pandemi corona virus (covid-19), telah banyak pihak, individu maupun lembaga yang menyarankan agar masyarakat tidak melakukan kegiatan yang menyebabkan kerumunan massa. Sebab, penyebaran covid-19 dengan sangat mudah menular melalui kontak fisik, apalagi dilakukan secara massal.

Itulah sebabnya, lembaga keagamaan, seperti MUI, Muhammadiyah, dan Nahdlatul Ulama (NU) sampaiĀ  menghimbau/mengeluarkan surat edaran agar shalat jumat dan shalat berjamaah di masjid ditiadakan, namun tetap diwajibkan mengerjakan shalat, tetapi dilaksanakan di rumah masing-masing.

Maklumat atau surat edaran juga dikeluarkan oleh kepolisian negara RI, yang juga menghimbau dengan sangat agar masyarakat untuk sementara waktu berdiam diri di rumah dan menghindari acara atau kegiatan yang memungkinkan berkumpul banyak orang.

Bagaimana dengan lomba (termasuk latber/latpres) burung?

Jika mengacu pada surat-surat edaran yang ada, kegiatan kontes burung bisa masuk dalam ketegori pelarangan itu. Tidak heran, jika dalam beberapa pekan terakhir, lomba burung yang mestinya terselenggara, tiba-tiba batal, karena memang tidak dianjurkan untuk melaksanakannya.

Berita lain: Humor Segar, Burung Beo Si Ucok Melawan Preman

Mengapa demikian? Tentu mempertimbangkan kebaikan bersama (kemaslahatan). Ini tidak main-main, sebab menyangkut nyawa, yang kita tahu, akibat covid-19, telah memakan ribuan korban meninggal di seluruh dunia, dan puluhan orang di Indonesia.

Sekarang, kembali pada kesadaran masing-masing, apakah tetap mempertahankan ego atau justru melakukan tindakan preventif agar tidak menjadi penyebab penyebaran covid-19 hingga menyebabkan kematian bagi diri sendiri, keluarga, dan orang-orang terdekat yang kita kenal, apalagi satu hobi.

Semoga kita sehat, selamat, dan terhindar dari wabah ini. Salam kicau! (86)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *