Cendet Asli Madura: Tidak Semua Berkepala Hitam

Cendet Madura: Tidak Semua Berkepala Hitam

Cendet asli Madura, tipe kepala putih

1. Kepala putih (indukan di alam tidak berekapala putih), namun terkadang mempunyai faktor genetik, sehingga anakan yang muncul terkadang ada noktah di kepala. Jenis ini termasuk sulit alias susah didapat (cendet KTP Sapudi-Sumenep Madura), biasanya juga terdapat di daerah desa Kolpo, desa Batang-Batang Sumenep Madura.

2. Kepala hitam gondrong sampai ke punggung (banyak dicari oleh cendetmania) karena tampilannya yang memikat. Pernah dapat cendet jenis ini di desa Karang Penang Sampang.

3. Sembur tipis kalau. Orang Madura menyebutnya “addess bresbes” alias hitamnya tidak sampai full, cendet yang sering ditemukan di daerah Ketapang, Sampang.

4. Cendet putih bersih alias berdada putih. Cendet ini sekarang susah untuk dapat di alam, terutama di Madura. Ini termasuk jenis yang langka. Selama 5 tahun ini hanya dapat 3-4 kali saja. Biasanya hidup di pesisir dekat aliran sungai atau pantai di madura (di gambar, cendet KTP Sreseh Sampang).

5 . Cendet zorro alias “pilis”, mirip cendet Jawa Barat, namun bulu, tekstur, dan warnanya berbeda.

Jadi, semua tipe cendet di atas adalah cendet-cendet asli Madura. Dibesarkan dari anakan atau loloh. Dan tidak semua cendet Madura berkepala hitam.

Baca juga: Anjar Mahardika Melepas Cendetnya, untuk Apa?

(Anjar Mahardika)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *