CMS dan Polsek Sapudi Gagalkan Pengiriman Cendet Pikatan

CMS dan Polsek Sapudi Gagalkan Pengiriman Cendet Pikatan

Anggota Polsek Pulau Sapudi melakukan penyitaan cendet indukan hasil pikatan (sumber foto: FB)

Berita viral tetang gerak cepat CMS (Cendet Maniak Sapudi) bersama Polsek Pulau Sapudi pada Rabu (28/7/2021) yang menggagalkan pengiriman cendet hasil pikatan menghiasai laman medsos dunia kicau beberapa hari terakhir. Aksi CMS yang bekerjasama dengan Polsek ini mendapat apresiasi dan dukungan dari para kicau mania.

Berawal dari seorang anggota CMS bernama Rolla mencurigai seorang pemuda membawa kardus, yang di dalamnya terdapat burung cendet hasil pikatan yang akan dikirim keluar Pulau Sapudi.

Aksi Rolla dan anggota CMS bersama Polsek membuahkan hasil. Meski pelaku belum ditangkap, tetapi dapat menyita hasil pikatan sebanyak 26 ekor (yang 3 ekor mati). Berdasarkan penyelidikan, 26 cendet ini merupakan cendet indukan, yang mestinya tidak boleh dipikat, sebab akan mengganggu populasinya.

CMS dan Polsek Sapudi Gagalkan Pengiriman Cendet Pikatan

Anggota CMS dan Polsek melepas kembali cendet hasil pikatan (sumber foto: FB)

Karena itu, beberapa anggota CMS yang didampingi oleh satuan Polsek Sapudi, di hari itu pula melepas kembali cendet-cendet hasil sitaan tersebut.

CMS berkomitmen menjaga kelestarian alam dan populasi cendet dengan hanya mengambil anakannya saja, bukan indukan, sebagaimana dilakukan oleh para oknum jahat. Hal ini penting pula sebagai warisan alam untuk anak cucu di kemudian hari. (86)

Berita sebelumnya: PSBB Jawa-Bali Latber dan Lomba Burung Libur

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *