Dicari, Lomba Burung Tiket Gratis dan Berhadiah

Dicari, Lomba Burung Tiket Gratis dan Berhadiah

Suasana lomba burung Perang Bintang Bupati Cup 4 Ngawi, Minggu (6/10/2019), tiket gratis di semua kelas, hadiah full tanpa potongan.

Tiket pendaftaran untuk gaco yang akan diikutkan pada ajang lomba burung sangat beragam. Bukan soal nominalnya, tapi tentang pembelian tiket yang berpengaruh pada cara menarik massa atau peserta lomba.

Perbedaan itu bergantung sepenuhnya kepada otoritas EO penyelenggara, yang dalam praktiknya terbagi menjadi beberapa variasi.

Pertama, pembelian tiket pada umumnya. Dalam hal ini, panitia menjual tiket dengan skema sekian rupiah, dan perolehan hadiah bagi para juara sekian persen dari total jumlah peserta.

Kedua, ada pula skema pembelian tiket harga normal, tapi hadiah bisa diberikan sepenuhnya tanpa potongan. Skema pemberian hadiah model ini biasa disebut dengan Losgan.

Ketiga, tiket gratis alias tanpa dipungut biaya bagi mereka yang minat mengikutsertakan gaconya. Adakah yang demikian? Ada. Biasanya, untuk menarik peserta agar ikut serta dan meramaikan kelas tertentu yang memang “sepi peserta”.

Baca juga: Info untuk Pemain dan EO: Kriteria Cendet Juara

Bagaimana dengan hadiahnya? Kadang juga ada, meski tak banyak, sebab berupa uang stimulan yang diperoleh EO penyelenggara atau donatur, termasuk dari pemain sendiri dengan niat bantu agar gaco di kelas itu benar-benar ramai peserta.

Keempat, mirip dengan tipe ketiga, yaitu tiket gratis dengan hadiah full tanpa potongan.

Apa mungkin ada? Ada kok.

Seperti yang terjadi baru-baru ini, pada even nasional yang bertajuk Perang Bintang Bupati Cup 4 Ngawi terselenggra sukses, meski berakhir sampai pukul 21.00 WIB, di Alun-alun Kota Ngawi, Minggu (6/10/2019).

Baca juga: Jadwal Latber di Jogja, Bagaimana Daerah Lain

Di antara faktor sukses even itu karena peserta tidak dipungut biaya alias gratis untuk semua kelas, namun tetap disediakan hadiah berupa uang, piagam, dan tropi.

Wow, keren kan? Peserta sudah pasti membludak. Bahkan menurut informasi yang diperoleh dari sejumlah pemain waktu itu, tiket gratis ludes dalam sekejab, hingga saling berebut, siapa cepat, dia dapat.

Hal tersebut tentu merupakan sebuah terobosan baru di dunia kicau atau lomba burung. Bagaimana skema biayanya? Jelas mengandalkan sponsor, dalam hal ini pemda (pemerintah daerah). Atau mungkin dari donatur individu, lembaga swasta, dan lain sebagainya.

Sekarang, menunggu kejutan berikutnya, sebagaimana di Ngawi, adakah EO di tempat lain yang siap menyelenggarakan lomba burung dengan skema tiket gratis hadiah full tanpa potongan?

Kopi, mana kopi. (86)

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *