G 28 dan Inovasi, Usaha Memaksimalkan Penilaian

G 28 dan Inovasi Lomba, Usaha Memakasimalkan Penilaian

Suasana lomba kelas cendet BOB G 20, warna sangkar wajib warna hitam tanpa asesoris, untuk menjaga netralitas dan memaksimalkan penjurian.

Lomba bertajuk Road to BnR Award 2019 yang diselenggarakan pada 10 November 2019 di Kompi Senapan C Yonif 403/Demak Ijo, Jl. Godean KM 5, Yogyakarta, tampak beda dengan even-even lain atau even sebelumnya. Apa itu?

Panitia membuka kelas special Best of the Best (BOB) untuk kelas cendet, murai batu (MB), dan kacer, yang hanya maksimal 28 nomor gantangan. Di kelas ini, khusus cendet “naik tahta” di kelas utama dengan tiket 100, sementara MB tiket 500, dan kacer 250.

Kelas BOB yang diselenggarakan BnR tersebut merupakan inovasi untuk memaksimalkan pantauan juri dalam memberikan penilaian. Aturan main yang digunakan mewajibkan semua peserta kelas BOB agar misalnya, sangkar harus warna hitam semua, sebagaimana pada kelas cendet, tanpa ada tanda sticker, balutan kain di cantolan, atau yang lainnya.

G 28 memang terlihat kondusif dan maksimal dalam proses penjurian.

BnR Jogja, khususnya, menjadi pelopor untuk usaha mengoptimalkan penjurian, meski tentu saja, masih ada beberapa catatan untuk ditingkatkan.

Adapun kontestan yang terpilih sebagai nominasi juara, dari ketiga kelas BOB itu adalah, untuk kelas cendet, juara 1 dan seterusnya diraih oleh  The Doctor (Anthony, Yellow River SF), Gangster (Big City SF), Tornado (Yahya, Mangkang 024), Mata Dewa (H. Cahyo, Big City), dan Berkah (Ir. H. Agus Gamping, PBI Sleman).

Baca juga: Latber BKM: Kelas Cendet Selalu Meriah Lo Boss

Di kelas MB, juara 1 dan seterusnya, Fortuner (H. Puji SF/Rinja, 89 SF), Joyoboyo (WW Angga, SBY), Sianida (Uwais Umar, Agung BF), NGS37 (Jack BF, 40-an SF), dan Sultan (H. Fajar, Dt. Watu Putih).

Berikutnya di kelas kacer, juara 1 dan seterusnya Rolex (Abid/Bams, Jogja), Upin (WW Angga, Surabaya), Raja Minang (Randy, Solo), Raja Bali (Fitri BKS, Dt. Balekambang), dan Marimba (Mr. Clio Rahmad, KMY).

Selamat dan sukses untuk BnR Jogja, para juara maupun yang belum juara. (86)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *