Jangkrik Boss: Tentang Kriteria Cendet Mbayiek

Jangkrik Boss: Tentang Kriteria Cendet Mbayiek

Om Andre Omesh, pemain cendet kawakan, asal Jogjakarta

Rupanya masih terjadi salah paham di antara pemain, dan termasuk pula para juri serta EO dalam memahami kriteria cendet mbayiek saat di lomba. Pemahaman yang salah ini menyebabkan pada berkurangnya nilai hingga diskualifikasi oleh para pengadil lapangan.

Sebenarnya, bagaimana kriteria cendet dikatakan mbayiek? Menurut beberapa obrolan lisan, maupun respons tertulis, sebagaimana terlihat dalam status FB om Andre Omesh, pemain cendet kawakan dari Gerobag SF, berikut ini Media Bosskicau rangkum komentar-komentar yang menjelaskan kriteria cendet mbayiek itu, beserta kritik dan harapan untuk juri/EO.

Baca juga: Logo Liar SF: Desainer dan Makna Filosofinya

“Selama masih bawa lagu walau sayap ngeper2 masih sah masuk gaya. Tp juri kalo lihat jarak jauh mesti di kira mbayi ya bang” (Akbar Anggoro)

“Buka sayap blm tentu mbayek. tp mbayek sdah pasti buka sayap” (Bayu Anpat)

“Juri yg sudah paham dgn karakater cendet banyak. Dan juri yg blm paham karakter cendet juga byk. Dan kasus sprti itu sbgian besar di EO mana aja,yg juri na blm paham betul dgn karkater cendet. Pasti lagsng di berikan peringatan. sbtl na, harus di LIHAT, TELITI, dan PAHAMI. jgn terburu” utk mengambil keputusan MBAYI!!” (Andre Omesh)

“Gaya kepak sayap beda dengan mbayi” (Fajar Arianto)

“… ada yang cuma gaya ada yang benar mbayi… Kalo masih ngetet , itu gaya + angkatan ,,,, tapi kalau sudah oek oek itu mbayi , atau buka sayap lebar tidak bersuara itu mbayi.. Menurut saya” (Jovan Dan)

“Cendet bunyi bongkar lagu dgn gaya semi kejer sayap, ITU BUKAN MBAYI. Tp klo udh buka sayap lebar dan tdk mengeluarkan lagu, tdk bunyi, bunyi ngiyek, itu baru bisa di katakan CENDET MBAYI” (Mbah Suro Jogja)

Baca juga: Dicari, Lomba Burung Tiket Gratis dan Berhadiah

“Sebenarya dah lama hal ini dbhas trs..hee..Buat Belajar/pengetahuan bareng2.mgkin dr bbrpa ada yg dah paham gimana itu cendet bayi dgntangan,angkatan mau bunyi ,n gaya…diatas sudah dijelaskan sama temen2 Giman kriteria nya …kedepannya smuga yg blm paham betul gimana itu bayi bisa dmnngrti betul ,n hati2 dlm mengambil keputusan krna sgt riskan kl salah menilai..smua untuk kemajuan bersama pkny….hal yg plg simpel dlm mntukan cendet bayi dgantngan adalah dimana cendet itu buka sayap lebar tanpa bunyi lagu atau bunyi oek2 Sambil buka sayap lebar,itu acuannya..sama penjelasan dr temen2 diatas…belajar brg2 pkny” (Wawan Tiwi)

“Opo iseh ono sik rung dong bab ngono kuwi?” (Ricky Donald Santoso)

“Kadang aku yo mikir nek sayap ngapak tp toet dianggap mbayi trus diskualifi nek cieett ciieett ngunu maklum genah mbayi…” (Erdy Hermawan)

“Kadang aku yo mikir nek sayap ngapak tp toet dianggap mbayi trus diskualifi  nek cieett ciieett ngunu maklum genah mbayi…” (Kelik Haryadi)

“Betul om Andre Omes,kadang cm sayap geter2 burung ambil nafas trs dibilang mbayi,pdhl burung msh grojog bunyi,,bikin sedih” (Tedilgi Pngn Sendri)

“Ini semua master cendet sudah memberikan masukan dan semoga semua pakem EO, terutama independen dapat memahami mana mbayek dan mana show/gaya” (Sidik Eryanto)

“Disini kadang saya merasa sedih masku…” (Ronnie Dirra Kumbara)

“Yang punya EO khusuzon yang ada kelas cendetnya..monggo disosialisasikan…” (Dedy Ora Nduwe Jeneng)

“Klo disini istilahnya ngedap…bunyi grojok sambil sayapnya getar2… SAH dimata hukum… ini berbeda dgn ngleper/ mbayi…” (Ardiansyah Metric)

“Sesok yo ono kacer semi mbagong hahahaha” (Kabul Ronggolawe Jogja)

“Itu sebenarnya gayanya kalau bayi ya gak mungkin nimbak atau bunyi sama dgn kacer kalau bagong gak mungkin bunyi itu tergantung juri suka apa gak gaya kayak gitu” (Jamil Jaya)

Baca juga: Info untuk Pemain dan EO: Kriteria Cendet Juara

“Sdh pernah saya alami…tpi protes pun tak merubah segalanya…cma bsa gigit jari…kerja maks tak d hargai…mngkin blm rejeki saya” (Jowo Medok)

“Banyak sekali juri cendet salah persepsi.. burung ngeper dikira bayi .. padahal burung itu mengeluarkan tenaga buat lagu tonjolannya.. menurut saya cendet bayek itu ngeper sambil keluar suara wekkk wekkkk wekkkk
Lah sayap ngeper tapi yg keluar lagu tonjolannya apa itu bayek !!!!!!!!!
Makanya juri jangan terlalu cepet ambil keputusan diakualifikasi dekati liat dengerin dengan benar baru ambil tindakan” (Oong Djogja)

Demikianlah, semoga menjadi saran dan evaluasi untuk penyelenggara latihan maupun lomba, ya boss! (86)

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *