Apakah Pemberian EF Kroto/UH Wajib Bagi Burung?

Apakah Pemberian EF Kroto/UH Wajib Bagi Burung?

Cendet dengan posisi tegak berdiri

Catatan admin.

Artikel ini berawal dari pertanyaan om Gunawan Santoso, tahun 2018, di Group FB Mania Cendet Jawara (MCJ). Pertanyaan tersebut tentang, “Apa efek kroto dan ulat hongkong (UH) dalam menyeting cendet untuk lomba?”

Komentar dan jawaban dari pertanyaan di atas bervariasi, namun saling melengkapi. Meski demikian, karena keseluruhan komentar dan jawaban cukup banyak, maka akan ditayangkan secara berkala hingga waktunya nanti selesai sampai akhir. Selamat membaca, semoga bermanfaat.

–Bosskicau.com


Baca artikel sebelumnya:

  1. Rizal Nigara: Kalau saya sih kroto buat ngademin birahi aja om, kalau UH buat emosi saja om, hehehehe simpel saja om.
  2. Faruk : Menurut saya, kroto, ulat hongkong, jangkrik, dll, sama saja, buat burung kenyang. Cuma ada efeknya bila pemberian porsinya kurang atau lebih, untuk bunyi burung tergantung karakter.
    dan lagu tergantung juragannya masing-masing.
  3. Jee Fallin: Kroto untuk penggacor (secukupnya), sedang UH untuk nambahi birahi (secukupnya). JK untuk penambah power & mental (gassspoooolll).
  4. Aguz Petruz: Pemula nderek nimbrung ster. Menurut pengalaman kulo kandungan kroto banyak mengandung protein, khasiatnya meningkatkan birahi burung sehingga burung gampang bongkar isian, sedangkan UH meningkatkan emosi, sehingga burung lebih ngotot saat tarung. Untuk porsi hanya pemilik yang tahu karakter burunge, nakal atau amannya.
  5. Suhardi Sooqee: Kroto untuk menaikkan birahi dengan cepat, agar burung jadi gacor dan lebih berdurasi panjang, pemberian kroto yang berlebihan atau terlalu sering juga kurang baik yang mengakibatkan OB, maka harus diimbangi dengan jemur dan mandi yang cukup untuk menstabilkan birahinya. Kalau ulat hongkong sifatnya panas dan identik dengan emosi cendetnya, jadi ulat hongkong yang baik diberikan saat akan digantang dan disela-sela sesi untuk mendongkrak fighternya. Pemberian berlebih juga kurang baik karena kekuatan tambah tidak bisa menerima sehingga burung akan sering salto dan mengejar lawan. Untuk ukuran pasnya yang lebih paham Anda yang merawatnya, jadi kunci utama adalah cermati dan pahami karakternya, tiap burung berbeda- beda kemaunya. Save cendet. Selamat mencoba. Salam pemula dari plat L Surabaya.
  6. Edy Siswanto: Kroto biar kenyang. Kalau Ulat Hongkong biar kenyang, jangkrik biar kenyang, voer juga biar kenyang, kalau lapar burung malas bunyi, kelaparan bisa bikin mati, kalau kenyang jadi sehat segar dan kalau bunyi biar semangat biar keras.
  7. Rizwan Al: Perbedaan UH dengan kroto. Cendet saya kalau diberi UH mainnya itu bikin kepala pusing, kerena emosinya cepet memuncak. Biasanya mainnya enak jadi tidak bisa tenang. Pasti ada rewelnya. Untuk hari-hari ini kalau pas main pakai UH pasti ada ngejarnya. Lha bedanya kroto di cendet saya, kalo main pakai kroto. Dia mainnya jadi enak. Durasii aman. Dan tidak terlalu rewel (kalau main pakai kroto cendet saya emosinya bisa stabil). Kalo pakai kroto jalannya malah jelek. Tapi kalo pakai UH dia mainnya malah enak. Jadi efek UH sama kroto itu menurut saya sama saja. Semua kembali ke karakter burungnya sendiri. Kesukaanya yang mana, wkwk soalnya saya tanya pada beberapa senior-senior di sini. Saya tanya perbedaan uh sama kroto jawabannya pada sama, bikin kenyang, hehe.
  8. Satria Bajahitam: Sebenarnya kroto sama UH di BC itu tidak ada bedanya, semua sama saja, tergantung karakter BC masing-masing.

Bersambung…

Salam pemula,

Gunawan Santoso (Pendiri dan admin Group FB Mania Cendet Jawara, WA: 087.8888.55.777)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *