LB Konslet Ternyata Bisa Dibuat, Begini Caranya

LB Konslet Ternyata Bisa Dibuat, Begini Caranya

LB konslet (sumber: duniakicau.com)

Karena gantangan lagi libur dan kita lebih banyak aktivitas di rumah, banyak santainya, maka sedikit saya ulas bagaimana cara membuat Love Bird (LB) konslet.

Konslet itu bisa kita buat dengan proses yang beragam, namun tidak semuanya menjamin setelah kita proses menjadi konslet, ia bisa balik lagi pada karakter asli burungnya. Kuncinya satu yaitu sabar dan terus mencoba.

Saya tidak mau bertele-tele dalam menjelaskan tapi saya akan menjelaskan atau memberitaukan yang saya ketahui berdasarkan pengalaman.

Menurut saya konslet itu bisa kita proses dari burung yang birahinya tinggi, atau birahinya di atas over birahi.

Pertama siapkan dulu bahan yang mau kita proses, dengan kriteria burung yang sudah sardot (bertingkah aneh, suka garuk garuk kepala atau tubuh, ngekek tidak pada tempatnya atau ngekek sambil keluar gaya gaya aneh). Usahakan pilih yang durasi panjang. Bisa jantan atau betina.

Langkah kedua bikin gacor burung tersebut. Penggacoran bisa mulai dari pakan rendah sampai pakan tinggi. Anda cari di mana letak titik gacorya, mulai dari pakan rendah diukur sampai ketemu titik gacor dan rajin.

Burung bisa disendirikan  dalam 1 ruangan 1 burung atau pakai sistem tempel dengan cara dalam 1 ruangan 2 burung yaitu bahan proses dan untulanya diletakan di kandang skat bisa atau dipisah kandang tapi tetap dijejerkan namun bahan proses kita kerodong kalau dikandang terpisah.

Porsi pakan kalau sudah ketemu titik gacor maka tetap pakai porsi pakan tersebut, namun ditambah EF jagung tiap hari, atau bisa juga kangkung.

Biarkan proses ini berlangsung sekitar semingguan sambil kita pantau. Biasanya bahan proses durasinya malah menurun namun tingkat birahinya naik jauh, dan tunggu sampai ada suara birahi kawin, kadang bunyi kretek kretek tek cik tek tek cit (ini terjadi pada jantan dan betina)

Kalo sudah bunyi seperti itu berarti tahapanya sudah berhasil 30%, dan lanjutkan sampai keluar suara dobelannya.

Kalau belum berhasil pada tahap 30%, lakukan lagi proses yang sama dengan tambahan EF, ditambah porsinya dan canari seed ditambahkan, dan kalau masih belum berhasil, coba ganti untulanya.

Bagi yang sudah keluar suara dobelannya walau masih ada figternya, sesekali ambil untulanya. Jauhkan tapi jangan terlalu lama, misal pagi sampai siang. Lakukan dengan dipantau. Semakin gacor atau malah jarang bunyi. Kemudian letakkan untulanya ke tempat semula dan gantian bahan proses yang kita cabut dari sana lanjut kita angina-anginkan. Kalau semakin gacor dan  terus semakin gacor, kita bisa lombakan tapi karena belum dibuka lomba, maka bisa kita trek dengan LB lain sekitar 20 menitan saja, setelah itu dikembalikan pada kondisi dekat dengan untulanya tadi. Dilatih terus dan dilatih terus.

Tahap ini sudah masuk 50%.

Kalo bahan proses sudah rajin keluar dobelannya, distabilkan pakan polos tapi EF cukup jagung saja, sambil kita lihat perkembanganya. Jika masih ada fighternya stop jagung, pakan tetap polosan dan dikunci pakek mentimun.

Ini proses menggunakan penggacoran sistem tempel.

Masih banyak lagi proses dengan cara penjodohan mirip LB ternak namun dengan metode betina vs betina.

Jadi prosesnya ada beragam dan bermacam cara karena membuat konslet itu tidak terpatok 1cara saja, namun berbagai variasi bisa kita terapkan.

Tetap sabar dalam proses dan pelajari karakternya insyaAllah dengan berjalanya waktu akan ada hasilnya walau tidak fix 100%.

Bahkan ketidak sengaja pun bisa buat LB konslet. Contohnya LB-nya saudara saya bety ternakan ditinggal jantanya mati, dia bertelur tapi tidak pernah jadi (telor kompos), eh setelah setahun ditinggal mati jantan malah dobelanya keluar dengan sendirinya.

Tetap semangat. Salam damai dan semoga kita selalu dikaruniahi limpahan rezeki, kesehatan dan kebahagiaan.

Baca juga Rey Shafan: Dicari Materi Kolosal Plus Milenial

SLBK semakin jaya.

Didik Wijaya Kusuma

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *