Lomba Burung, Sejak Kapan?

lomba burung sejak kapan

Logo PBI (Pelertarian Burung Indonesia)

Riuh lomba burung yang sampai saat ini terus berlangsung sesungguhnya memiliki akar sejarah sangat tua. Berawal dari terbentuknya Pelestarian Burung Indonesia (PBI), tahun 1973.

PBI inilah yang menjadi cikal bakal, selain menjadi pelopor terselenggaranya lomba, juga sebagai organisasi “perburungan”, termasuk bertindak sebagai EO (event organizer).

Penyelenggaraan lomba burung oleh PBI pertama kali terjadi pada tahun 1976

Itu artinya, lomba burung diselenggarakan 3 tahun setelah berdirinya PBI. Penggagasnya adalah para pedagang burung Pasar Pramuka Jakarta yang dimotori oleh Bapak Sharbo (alm.), seorang yang ikut pula membidani terbentuknya PBI.

Tujuan kontes saat itu untuk menggairahkan atau meramaikan pasar burung, sehingga bisa merangsang munculnya penggemar baru dan meningkatkan penjualan burung-burung yang dipasarkan. Burung-burung yang dikonteskan masih burung impor jenis hwa mei, poksay, kenari bersama burung lokal murai batu dan cucakrawa.

Namun aktivitas gelaran lomba secara tidak formal, sebenarnya juga dapat dilacak sebelum tahun 1976 atau bahkan sebelum 1973 lahirnya PBI.

PBI yang bertindak sebagai EO waktu itu hanyalah menghimpun komunitas penghobi burung yang berserak. Tetapi aktivitas seorang yang menyukai kicauan burung telah ada sebelum tahun 1973, yaitu sebagai ajang silaturahmi, kumpul bersama dengan teman, bahkan sanak kerabat, yang di antara mereka menganjurkan agar sama-sama membawa burung kicaunya masing-masing.

Ingat ya boss, lomba burung itu sesuai tujuan awal untuk silaturahmi, menjalin persahabatan, bukan ajang cari musuh. (86)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *