Lomba Kok Barengan, Pilih yang Mana Dong?

Lomba kok Barengan, Pilih yang Mana?

Ini dia single fighter kita. Coba tebak, siapakah itu?

Adakalanya dalam satu waktu, lomba burung terselenggara secara bersamaan, bisa 2 atau 3 EO. Dari sudut pandang seorang pemain, sebenarnya tidak masalah, hanya tinggal pilih saja.

Tetapi dari sisi kepentingan EO, terjadi persaingan, berebut peserta, meski sebenarnya tidak selalu terlihat secara kasat mata. Di sinilah, kreativitas dan inovasi EO diperlukan, untuk menarik kepercayaan massa atau peserta.

Berikut ini, berdasarkan survei dan pengalaman seorang pemain, terdapat beberapa alasan mengapa memilih main di EO A, misalnya, dibanding B, dan seterusnya.

Baca juga: Meski Kalah Lomba, Jangan Lupa Bahagia Boss!

Pertama, alasan emosional. Terdapat sejumlah pemain yang mengaku datang, hadir mengikuti lomba, karena untuk menghormati sesama komunitas, yang geralan lombanya itu merupakan even komunitas lain. Apalagi, ditambah kecocokan dengan EO, yang dipersepsikan “bersih”, mengutamakan fair play, meski jargon ini sebenarnya relatif.

Persepsi fair play kadang soal “selera”. Kalau gaconya yang menang dikatakan fair play, kalau kalah, bisa dikatakan sebaliknya, unfair play.

Kedua, alasan hemat uang. Memilih datang ke lomba EO A dalam kondisi yang bersamaan dengan EO B, C, dan seterusnya, kadang karena pertimbangan pendaftaran yang lebih murah. Pendaftaran murah, hadiah melimpah. Biasanya, disukai pemain.

Ketiga, jarak perjalanan lomba. Tipe pemain yang ini, memilih main di lokasi lomba EO A, dengan alasan yang sederhana, yaitu karena dekat dari tempat tinggalnya, dibanding lomba EO B maupun C.

Bagaimana, benar tidak boss? Semoga bermanfaat untuk pemain dan EO sebagai bahan pertimbangan dalam menyelenggarakan lomba. (86)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *