Lomba Nasional atau Lokal, Apa Kriterianya?

Lomba Nasional atau Lokal, Apa Kriterianya?

Suasana lomba berskala nasional: Piala Raja 2019

Lomba burung pada umumnya memiliki dua skala atau tingkat, yaitu lokal dan nasional. Satu lagi, “regional”, tapi kurang populer di kalangan kicau mania.

Namun demikian, belum jelas apa yang dimaksud dengan dua tingkatan itu, dan bagaimana pula kriterianya, sebuah lomba disebut lokal atau nasional?

Pemahaman terhadap kriteria lokal dan nasional ini bukan semata-mata soal wawasan pengetahuan, tetapi berpengaruh pada ekspektasi dan  kualitas gaco yang dilombakan.

Artinya, jika gaco kita main dan juara di lomba berskala nasional, tentu nilai prestasinya tinggi, dan itu akan mempengaruhi harga penawaran, dibanding juara di tingkat lokal.

Lomba-lomba burung yang diselenggarakan setahun sekali seperti Piala Raja (PBI), Presiden Cup (BnR), dan lain sebagainya, dipersepsikan sebagai lomba nasional. Mengapa demikian?

Baca juga: Juri Kok Lomba: Lilik Sembego Berhati-hati

Di antara alasannya dapat dilihat dari keikutsertaan peserta. Jika peserta yang hadir dari luar kota, yang bahkan jauh sampai luar Jawa, pada Piala Raja, misalnya, maka itu menjadi syarat utama sebuah lomba berpredikat “nasional”.

Bandingkan dengan kelas Latpres, yang biasanya jarang disebut lomba nasional, karena pesertanya dari kota setempat. Yang ada istilah “latber/latpres rasa lomba”, untuk menunjukkan kemeriahan peserta.

Di luar itu, ini juga soal persepsi. Bahwa lomba yang berpredikat nasional atau lokal, hanyalah persepsi kicau mania yang kadang tidak selalu konsisten. Dan oleh karena itu, sebenarnya bisa berubah tergantung pada kesepakatan persepsi di antara kicau mania.

Mengapa kelas latber/latpres tidak dianggap sebagai lomba dan beskala nasional, meski pesertanya ada dari luar kota? Bagaimana juga jika, misalnya, even sekelas cup, tapi peserta sepi, yang hadir hanya peserta dari kota setempat, apakah masih layak disebut sebagai lomba nasional? Inilah yang disebut persepsi. (86)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *