Mengembalikan Durasi Love Bird Setelah Diternak

Mengembalikan Durasi Love Bird Setelah Diternak

Love bird legendaris Kusumo (sumber: borneoberkicau.com)

Love bird ternak banyak yang mengalami kegemukan alias berlemak yang mengakibatkan burung malas dan tidak aktif ngekek. Bahkan yang dulunya durasi panjang, namun setelah diternak sering mengalami ngekek pendek-pendek.

Berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa membantu menaikkan kembali durasi love bird pasca ternak.

Rawatan empun pagi, mandi jemur sekuatnya secara intensif, penjemuran ditingkatkan setiap harinya. Contoh hari pertama jemur 1 jam, hari kedua 2 jam hingga sampai kuat jemur pagi sampai sore. Fungsinya untuk membakar lemak dalam tubuh love bird.

Ketika dilihat atau dipegang burung sudah terlihat langsing, stop jemur, dan lakukan pengumbaran rutin 2 kali dalam seminggu, serta lakukan rawatan sesuaikan dengan karakter masing-masing burung.

Berdasarkan pengalaman pribadi, dengan berjalannya jemur yang kuat/lama dan rawatan intensif, biasanya love bird akan mulai rajin ngekek dan durasi mulai kembali.

Untuk rawatan yang tidak tetap, tinggal kita kembangkan dan selaraskan dengan karakter love bird masing-masing. Berani bereksperimen lebih baik. Sebab, perawatlah yang lebih paham kemauan dan karakter burung.

Baca juga Humor: Ditanya Burung Jawabannya Malah Hamster

Salam SLBK Nusantara.

Rusdy Giri Putra

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *