Meski Kalah Lomba, Jangan Lupa Bahagia Bos!

Kalah Lomba, juga Bahagia Bos!

Status FB sahabat kicau yang viral hingga ke istana negara, hehehe

Menjadi bahagia itu tidak hanya dialami oleh orang yang menang saat mengikuti ajang lomba, termasuk lomba burung. Mereka yang kalah juga punya hak dan bisa menikmati bahagia.

Memang, ada beberapa tipe orang dalam menjalani hobi kicau ini. Pertama, tipe pemain yang punya ambisi besar untuk selalu menang. Pokoknya harus menang, bagaimana pun caranya. Anda pasti tahu kan tipe orang model begini memang ada, atau mungkin banyak ditemui. Segala cara ditempuh, meski cara-cara kotor.

Kedua, tipe pemain yang lugu. Sebenarnya kasihan dengan orang ini. Mungkin boleh dibilang pemain pemula. Tipe pemain jenis ini tidak tahu peta dunia kicau. Seolah-olah hidup ini hitam putih, lancar jaya, seperti air mengalir. Padahal penuh tipu daya. Jargonnya fair play, faktanya unfair play. Tapi biasanya, begitu tahu hal yang sebenarnya, langsung kapok dan mengelus dada. Kasihan kan?

Baca juga: Wahai Para Juri Penilai, Apa Maumu?

Ketiga, tipe pemain yang sejati. Ini yang layak disebut single fighter. Ia tak mau peduli dengan desas-desus lomba. Yang penting enjoy, menang kalah tak jadi soal. Kecewa? Jelas ada, tapi segera menutup perasaan itu. Apa tidak berharap menang? Jelas berharap, namanya saja lomba.

Hanya saja, tipe ketiga itu menikmati lomba benar-benar sebagai hiburan. Orang bilang, menang sebagai bonus. Apakah benar ada orang seperti ini? Ada.

Mau tahu apa yang dilakukan tipe ketiga ini setelah tahu ternyata ada “permainan gelap” di balik layar?

Hanya ekspresi heran sambil mendoakan para juri, EO penyelenggara, dan orang-orang yang mendhaliminya, kelak semoga bisa masuk surga, hahahaha.

Rupanya, meski kalah dalam lomba, ada lo, orang yang tidak larut dalam kesedihan, tapi justru tetap bahagia. Begitulah faktanya.

Kira-kira, Anda termasuk tipe yang ke berapa?

Ulasan ini, untuk merespons usul positif dari sahabat kicau yang menulis di laman facebook-nya: “Sekali2 lomba burung yg diliput itu yg #ZONK, apa gak bosen ngliput yang “menang” terus?”.

Terima kasih. Tetap semangat ya, om cakep. (86)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *