PAKEM PENILAIAN DI LOMBA KELAS BURUNG OCEHAN

PAKEM PENILAIN DI LOMBA KELAS BURUNG OCEHAN

Suasana lomba kelas ocehan

Dikutip dari beranda FB om Atia Nugraha, Ketua Pelaksana gantangan Bansel (Bandung Selatan), dijelaskan tentang pakem penilaian di kelas burung ocehan.

Informasi ini, boleh jadi tidak hanya untuk para pemain di Bansel, tetapi juga semoga menginspirasi untuk semua kicau mania.

1. FISIK
Penilaian fisik ini dilakukan bersamaan dengan penilaian utama yaitu irama lagu. Volume dan durasi kerja ini adalah penilaian kelayakan apakah seekor burung layak dinilai atau tidak. Jika terdapat kekurangan dari fisik maka juri harus membatalkan penilaian terhadap burung tersebut (secara keseluruhan harus memberikan catatan khusus secara tertulis).

2. IRAMA LAGUĀ 
Banyaknya variasi lagu yang dibawakan oleh burung tersebut di luar lagu dasar yang dimiliki jenis burung tersebut. Variasi bunyi tersebut dibawakan dengam cara disusun menjadi satu lagu yang ngerol tidak terputus putus dengan lama waktu tertentu yang di barengi dengan tonjolan tonjolan yang bervariasi ditutup dengan tembakan panjang yang menonjol (tidak monoton atau tonjolan tembakan yang tidak selatar).

3. VOLUME
Kerasnya volume tidak dapat mengalahkan penilaian irama lagu, volume diutamakan yang bersuara kristal dan cukup terdengar di antara burung yang lainnya pada posisi aktif bertempur.

4. DURASI KERJA
Penilaian durasi kerja dapat dilihat dari daya tahan berbunnyi atau intensitas berbunyi burung tersebut dan harus terlihat dominan bernyanyi di antara burung yang lainnya.

5. GAYA
Tambahan atau penunjang dari suatu burung dan tidak ada kriteria khusus dalam menilai gaya atau bisa dijadikan pembanding untuk nilai akhir apabila terdapat burung dengan nilai yang kurang lebih sama baik.

Baca juga: Cara Mengetahui dan Mengenal Karakter Love Bird

Selamat berlomba. (86)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *