Pakem Penjurian Cendet Versi Fadjar Bali (PBI)

Pakem Penjurian Cendet Versi Fadjar Bali (PBI)

Cendet cakep, posisi tegap (Dok. pribadi milik Chandra Dominic)

Artikel ini merupakan hasil wawancara saya langsung, tahun 2015, dengan teman-teman yang saya anggap kompeten dalam menjawab soal penjurian, khusus untuk kelas cendet.

Saya ajukan pertanyaan yang intinya sama kepada mereka. Yang belum paham penilaian lomba silahkan disimak baik-baik, dipelajari, dicerna pelan-pelan.

Sekali lagi tujuan artikel ini adalah untuk mejadikan kita lebih paham dan meluruskan yang mungkin selama ini kita anggap benar namun ternyata kurang benar, bukan untuk menghakimi/menyalahkan siapapun.

Dan satu hal lagi yang harus dipahami, bahwa setiap EO punya standarisasi/pakem dengan poin-poin yang sama maupun berbeda. Jadi apabila kita ke EO A, bisa jadi standarnya beda dengan EO B. Termasuk juga memungkinkan untuk beda pakem, antara kota A dan kota B. Jadi ukur mental diri sendiri, ukur kemampuan dan kondisi burung kita sebelum berlomba.

Baca juga: Faktor yang Dapat Mengurangi Penilaian Cendet

Artinya,  sebelum Anda anggap penilaian tidak fair  (curang), ajukan pertanyaan dulu ke diri sendiri, “apakah saya benar-benar sudah paham kriteria penilaian di lomba yang mau saya ikuti dan mampu mengukur kemampuan burung sendiri?

Wawancara berikut merupakan pembahasan pakem umum PBI dan pendapat pribadi Mr. Fadjar Bali sebagai Ketua PBI Pengda Bali.

FB: Mr. Fajar Bali

GS: Gunawan Santoso

—————————————————

GS: Bagaimana pakem/kriteria PBI secara umum untuk penilaian cendet?

FS: Secara garis besar untuk semua jenis burung adalah:

  • IRAMA LAGU. Seperti yang kita ketahui bersama, kolom penilaian ada 3 (Irama Lagu, Volume, dan Fisik). Tapi pada praktiknya cuma dibedakan di irama lagu dan volume. Untuk fisik tetap dipantau, nanti diakumulasi dengan irama lagu.
  • DURASI. Di PBI, untuk bisa juara/koncer, patokannya adalah 80% burung harus kerja.

Contoh kasus A: cendet dengan irama lagu yang bagus yang bagaimana sih? Adalah cendet yang bisa membawakan irama “do re mi so la si do” dengan nada-nada tinggi dan tonjolan-tonjolan yang bagus. Cendet yang bisa memenuhi kriteria ini tentu saja lebih dipertimbangkan dari yang lain dari segi volume dan fisiknya.

Baca juga: Tipe Cendet yang Sering Masuk Nominasi Juara

Contoh kasus B: cendet boleh sesekali monting/loncat dengan asumsi masih 80% kerjanya. Tapin kalau sudah 1 putaran mletik dan lama, ya tidak bisa koncer. Kalau sebentar terus kerja lagi dan ternyata istimewa, sedang yang lain biasa-biasa saja, ya masih bisa koncer, mungkin C.

GS: Nah, kalau mengenai tipikal cendet Pak, anggap saja sama-sama kerjanya imbang di durasi, burung A nembak terus tapi lagu roll-nya tidak ciamik, sementara burung B main speed tapi minim tembakan, anggap volume roll-nya imbang dan kerjanya sama-sama nagen, pilihan juri lebih ke burung A atau burung B?

FB: Tonjolan di PBI dianggap nilai ++ (plus-plus) asal disertai dengan Irama Lagu yang bagus. Tembak lari ya tidak masuk hitungan;  tembak saja tidak ada roll-nya juga tidak masuk; speed saja kerja nancep kalau kurang tembakan ya Irama Lagunya dianggap kurang.

GS: Berarti kalau dalam konteks yang saya tanyakan tadi, pilihan lebih cenderung ke burung B ya Pak?

FB: Iya

GS: Mengenai cendet buka sayap/melantai sebentar, tapi irama lagu, durasi, dan volume tetap maksimal, apakah cendet tersebut kehilangan hak koncernya Pak?

FB: Kalau pas mbayek (buka sayap) atau melantai dilihat oleh juri atau korlap ya otomatis nilai berkurang. Jadi dilihat pas dia mbayek/melantai itu pas ada juri  atau tidak. Tapi pada dasarnya tidak boleh dan harus dibedakan juga ada cendet yang main sayap sebagai gaya fisik, bukan mbayek, tapi memang ada cendet yang getar-getar sayap.

GS: Berarti untuk cendet mbayek sudah tidak memungkinkan dapat koncer A/B/C ya Pak?

FB: Ya kalau sering tidak memungkinkan, apalagi terpantau juri atau korlap.

Salam pemula,

Gunawan Santoso (Pendiri dan admin Group FB Mania Cendet Jawara, WA: 087.8888.55.777)

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *