Perhatikan 5 Hal dalam Merawat Love Bird Anda

 

Perhatikan 5 Hal dalam Merawat Love Bird Anda

Burung love bird terlihat sedang mandi

Berikut ada setidaknya 5 hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan burung love bird Anda.

Embun

Embun pagi sangat bermanfaat bagi kesehatan love bird kesayangan kita. Sebisa mungkin embunkanlah love bird Anda jam 5 pagi. Paling telat jam 5.30 sampai jam 6 pagi.

Umbar

Bisa diterapkan dan juga tidak. Tapi alangkah baiknya jika kita terapkan karena untuk melatih otot dada dan sayap yang berfungsi mengolah nafas. Ini penting karena love bird durasi, dia ambil nafas secara kontinyu untuk dijadikan energi ngekeknya.

Umbar love bird Anda jam 6-7 atau kalau sudah terlihat lelah ya ambil, semprot kakinya agar dia mau terbang bolak balik. Setelah diambil dari umbaran istirahatkan 15-20 menit sampai terlihat segar kembali.

 Mandi

Mandi sekitar jam 7-an. Boleh mandi semprot atau mandi cepuk tergantung kebiasaan masing-masing burung. Jangan memaksakan sampai basah kuyub, latih dulu kalau dia menikmati diam saja ya basah kuyupkan, tapi kalau dia banyak tingkah saat dimandikan ya cukup embun saja biar mandi sendiri sediakan cepuk. Setelah mandi dianginkan sampai bulu mengering.

 Jemur

Jangan dipaksakan jemur kalau love bird gelisah,  atau kalau terlihat mangap, ya diangkat aja. Maksimal 15-20 menit saja. Khusus paruh putih biasanya sensitive, ada yang tidak suka jemur ada yang suka, pelajari, dan teliti.

Pakan

Ini bagian terpenting meliputi juga EF. Pakan pokok sekarang jamanya pakan racikan, nah bagaimana caranya kita tahu dosis pakan racikan yang pas dengan love bird kita.

Baca juga: Cara Memasteri Burung Agar Afektif dan Maksimal

Didik Wijaya Kusuma

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *