Tipe Burungmu, Main Kering atau Basah Boss?

Tipe Burungmu, Main Kering atau Basah?

Burungmu, main basah atau kering boss?

Saat burung atau gaco kita digantang, entah latber, latpres, atau lomba, sering terlihat ada yang main kondisi basah dan ada yang kering. Mengapa begitu?

Jawaban yang sering muncul dari kalangan kicau mania, karena itu terkait dengan setting lapangan. Artinya, menyesuaikan dengan karakter burung dan juga ada yang mempertimbangkan faktor cuaca.

Pertama, gaco yang main kering, sama sekali tidak basah oleh semprotan air, biasanya selain memiliki tipe yang nancep, tidak nakal sampai nabrak jeruji.

Gaco yang memiliki tipe jenis ini ada yang menyebutkan sebagai karakter bawaan, dan banyak disukai pemain, meskipun kalau dicari-cari kelemahannya, ya tetap ada, seperti volume yang standar, materi kurang sadis.

Baca juga: Burung Mandi di Lokasi Lomba, Mengapa?

Kedua, gaco yang main basah. Jenis basah ada tiga, yaitu basah kuyup, semi/sedang, dan sedikit. Tipe burung yang main kondisi basah kuyup umumnya untuk mengurangi gerak, agak nakal, loncat ke jeruji, sehingga dengan dibasahi diharapkan bisa main nancep, dan juga sebagai cara untuk menstabilkan birahinya saat digantang.

Gaco tipe jenis ini umumnya memiliki volume yang dahsyat, dan materi bagus.

Adapun tipe burung yang main kondisi semi/sedang dan sedikit basah, selain memiliki tujuan kurang lebih sama dengan yang basah kuyup, tetapi tipe burung jenis ini masih bisa mengontrol birahi, dan tidak terlalu beresiko loncat jeruji.

Ketiga, di luar dua alasan di atas, ada pula yang sengaja menyemprot burungnya karena faktor cuaca yang panas, maka dengan membasahi bulu-bulunya, diharapkan dapat mendinginkan suhu tubuh, dan dapat tampil maksimal.

Jadi, burungmu, tipe main basah atau kering boss? (86)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *