Tipe Kacer Panas dan Dingin, Simak Perawatannya

Tipe Kacer Panas dan Dingin, Simak Perawatannya

Kacer (sumber kacer.co.id)

Apa yang dimaksud kacer tipe panas dan kacer tipe dingin? Apa sebetulnya yang dimaksud dengan kacer tipe panas dan Kacer tipe dingin?

Pertanyaan itulah yang sering dilontarkan oleh para Kacer Mania di berbagai forum media sosial terutama di group-group komunitas kacer belakangan ini. Bahkan di google search juga banyak yang googling dengan kata kunci kacer tipe panas dan kacer tipe dingin tersebut.

Penggunaan istilah itu memang sedang marak di kalangan kacer mania saat ini, entah dari mana istilah tipe panas dan tipe dingin tersebut muncul pertama kalinya. Agar para kacer mania setidaknya memiliki gambaran tentang apa sebetulnya maksud dari kedua tipe kacer tersebut.

Menurut pengamatan saya, yang dimaksud dengan kacer tipe panas adalah kacer yang memiliki karakter tempramen/emosional yang mudah naik darah ketika melihat keberadaan kacer lain atau hanya mendengar suaranya saja maka kacer tersebut akan langsung merespons dengan memuntahkan materi isiannya.

Secara umum, kacer tipe tersebut, di kalangan kacer mania biasa disebut tipe fighter tinggi. Kacer tipe inilah yang banyak dicari para pemain lapangan karena perawatannya lebih gampang dibanding kacer yang bertipe fighter rendah (tipe dingin).

Karakternya yang sangat agresif terhadap keberadaan kacer lain di sekitarnya membuat kacer tipe fighter tinggi (tipe panas) gampang tampil di lapangan karena sifat tempurnya memang luar biasa, tapi jika kita tidak bisa mengatur/mengontrol emosinya yang meluap-luap, maka yang terjadi justru burung menjadi nakal dan rawan mbagong.

Kacer tipe fighter tinggi (tipe panas) walaupun dirawat seadanya juga tetap bisa tampil walaupun tidak maksimal. Perawatannya cukup dengan:

  • Rutin diembunkan, mandi tiap pagi, jemur secukupnya, berikan Ekstra fooding (EF) yang tidak berpotensi menaikkan suhu tubuh kacer terlalu drastis.
  • Berikan EF untuk kacer tipe panas/fighter tinggi seperti jangkrik, kroto, dan ulat daun pisang.
  • Umbar seminggu2-3 kali untuk melatih stamina dan nafas Kacer.
  • Kerodong cukup pada malam hari saja.

Sedangkan yang dimaksud kacer tipe dingin adalah kacer yang lambat panas, kurang emosi atau biasa disebut dengan tipe fighter rendah. Kacer tipe fighter rendah (tipe dingin) tersebut memerlukan threatment lebih rumit dibanding tipe fighter tinggi (tipe panas) agar performanya bisa maksimal.

Agar bisa tampil ngotot dan agresif ketika bertemu lawan, kacer tipe dingin harus didongkrak emosinya terlebih dulu, caranya dengan perawatan harian yang harus konsisten seperti:

  • Penjemuran dengan durasi yang lebih lama
  • Pengaturan jadwal mandi yang tidak boleh terlalu sering
  • Pemilihan jenis Ekstra fooding (EF) yang dapat meningkatkan suhu tubuh kacer seperti ulat hongkong (UH), larva tawon, kelabang dan belalang yang bertujuan untuk meningkatkan tensi kacer tersebut sehingga emosinya pun menjadi naik.

Pengumbaran cukup dilakukan seminggu 1-2 kali saja, serta perawatan full kerodong untukhariannya juga diperlukan untuk menjaga tingkat emosi kacer tersebut.

Baca juga: Cara Jitu Setting LB PAUD Menggunakan Untulan

Sekian dan terimakasih.

Arief Wicaksana (KMI)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *